Looking for something ?

Minggu, 21 Desember 2014

Movie Adaptation Review: The Hunger Games Mockingjay Part 1

Judul: The Hunger Games: Mockingjay Part 1
Sutradara: Francis Lawrence
Pemain: Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, Liam Hemsworth, Julianne Moore, Phillip Seymour Hoffman, Donald Sutherland, Elizabeth Banks, Woody Harrelson, Willow Shields, Sam Claflin.
Tanggal Rilis: 20 November 2014 (Indonesia)
Durasi: 2 jam 3 menit
Genre: Remaja
IMDb: (http://www.imdb.com/title/tt1951265/)
Adaptasi dari novel Mockingjay karya Suzanne Collins

Trailer:





Review:

"If we burn, you burn with us!!"

Sebelumnya mau nonton di bioskop, tapi sayangnya banyak tugas sekolah yang menumpuk dan UAS. Ya, akhirnya waktu UAS selesai, filmnya udah nggak nongol lagi di bioskop. Terpaksa nonton yang download-an aja yang lebih parahnya gambarnya masih agak nggak jelas plus gelap. Tapi yang penting bisa nonton.

Okey, setelah curhatanku tadi ini dia ceritanya. Menceritakan Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence), gadis berumur 17 tahun yang telah memenangkan permainan mematikan The Hunger Games yang ke 74. Setelah Ia meledakkan arena Quarter Quell, seluruh distrik gempar dan distrik 12 dibom oleh Capitol. Bagi para penduduk 12 yang selamat dari pengeboman diungsikan ke Distrik 13 yang dipercaya telah musnah ternyata berada di bawah tanah, termasuk Gale (Liam Hemsworth), Ibu dan adik Katniss Prim (Willow Shields), beserta Katniss sendiri. Para pemenang lainnya yang selamat dari Quarter Quell, Finnick (Sam Claflin)dan Beetee  (Jeffrey Wright)juga dipindahkan ke 13. Tetapi Peeta (Josh hutcherson)dan Johanna (Jena Malone) dibawa ke Capitol.

(Katniss mengunjungi rumahnya di Distrik 12 dan menemukan bunga mawar putih dari Presiden Snow)

Katniss marah pada Plutarch Heavensbee (Phillip Seymour Hoffman) karena Plutarch hanya menyelamatkan dirinya dan malah meninggalkan Peeta di arena Quarter Quell. Plutarch bersama pimpinan Distrik 13 Presiden Alma Coin (Julianne Moore) meminta Katniss untuk menjadi Mockingjay, simbol pemberontakan seluruh distrik Capitol. Katniss yang awalnya menolak menyetujui untuk menjadi Mockingjay, dengan syarat para pemenang seperti Peeta, Johanna, dan Annie Cresta dibebaskan dari penjara Capitol. Namun para penduduk Distrik 13 tidak setuju untuk membebaskan Peeta, karena tayangan acaranya bersama Caesar Flickerman (Stanley Tucci) meminta Katniss untuk menghentikan semua misi pemberontakannya.


Coin menyetujui persyaratan tersebut asal Katniss melaksanakan tugasnya sebagai Mockingjay dengan baik. Setelah Coin mendeklarasikan Katniss sebagai Mockingjay, maka dibuatlah semacam Propaganda atau Propo yang berbentuk video dimana Katniss yang akan direkam dalam propo tersebut dengan bantuan para crew Distrik 13 seperti Gale, Boggs (Mahershala Ali), Cressida (Natalie Dormer) dsn lain sebagainya. Setelah direkam video tersebut akan disebarkan ke seluruh distrik dan Capitol dengan bantuan Beetee. Misi penyelamatan Peeta dan para pemenang The Hunger Games telah dilaksanakan dengan Gale yang menjadi salah satu relawan. Misi terselesaikan dan para pemenang telah dibebaskan dengan selamat. Namun, orang yang paling dicari Katniss, Peeta menjadi tidak seperti yang Ia bayangkan.....


(Peeta dalam tayangan Capitol)

(Katniss mengunjungi rumah sakit di Distrik 8)

Lumayan juga sih film ini, tapi lebih enaknya dijadikan satu film aja biar greget. Ya memang karena masalah durasi dan pingin ambil untung. Aku akui agak sedikit membosankan karena memang auranya suram dan ceritanya yang dark, alurnya yang lambat terus beberapa adegannya menggambarkan Katniss yang selalu merenung atau galau. Untuk pemeran Katniss, si Jen Law sudah terlihat penampilannya apiknya disini. Sejak film pertama Jennifer dapat melukiskan semua perasaan Katniss dengan jelas, amarahnya, kedepresiannya, ketakutannya. Pokoknya mantep deh Jennifer, terutama waktu merekam propo di Distrik 8 dan meneriakkan semua pesannya untuk Presiden Snow (Donald Sutherland).
Semua akting para pemainnya aku suka, dan kedua yang paling kusuka setelah Jennifer Lawrence yaitu pemeran Peeta Mellark, Josh hutcherson. Memang dia munculnya cuma di beberapa adegan saja tapi ekspresinya itu benar-benar sesuatu banget, terutama waktu dia meminta Katniss menghentikan misi pemberotakan dia benar-benar merasa tersiksa. Di setiap adegannya kita akan dibuat kaget terhadap keadaan fisiknya yang semakin memburuk akibat siksaan Capitol yang dirasakannya, terutama di bagian endingnya. Okay, I don't want to spoil it for all of you.
Ini film The Hunger Games yang paling emosional dan suram dari film sebelumnya dan juga seri terakhir dari kedua film sebelumnya. Tetapi bukan film The Hunger Games favoritku. Suasana perang dan penderitaan para penduduk distrik di film ini begitu terasa dan kita dapat merasakan bagaimana rasanya berada dalam suasana perang. 
So, my rating for The Hunger Games: Mockingjay Part 1....
4 stars out of 5 stars
For Jennifer Lawrences acting 


Terakhir, aku mau nge-share lirik lagu The Hanging Tree dari adegan waktu Katniss nyanyi lagu itu. Setelah dengar lagu itu, setiap hari lagu itu selalu kunyanyikan di kala bosan atau sedang melamun. Lirik lagunya bener-bener bikin merinding, terutama suaranya Jennifer Lawrence yang juga bikin merinding:
Are you, are you
Coming to the tree
They strung up a man
They say who murdered three

Strange things did happen here
No stranger would it be
If  we met at midnight
in the hanging tree

Apakah kau
Akan datang ke pohon
Tempat mereka menggantung pria
yang mereka bilang membunuh tiga orang

Hal-hal aneh terjadi di sini
Kita takkan jadi orang asing
Jika kita bertemu tengah malam di pohon gantung
(dari novel Mockingjay hlm 139)


Novel Mockingjay cover filmku :)


<3 xoxo
Putri

1 komentar:

Jangan lupa komentarnya ya :))
Tapi berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan santun ;))