Looking for something ?

Rabu, 18 Maret 2015

Blog Tour The Wind Leading To Love + Giveaway

Judul: The Wind Leading To Love
Penulis: Ibuki Yuki
Penerjemah: Mohammad Ali
Penyunting: Arumdyah Tyasayu
Asisten Penyunting: Eni Puji Astuti
Proofreader: Dini Novita Sari
Cover dan ilustrasi isi: Bambang 'Bambi' Gunawan
Penerbit: Haru
Cetakan pertama, Februari 2015
Tebal: 342 hlm
ISBN:978-602-7742-47-5
Harga/; Rp.65.000 (bukabuku)

Sinopsis:
Goodreads




Review:

" Rasa sakit itu merupakan bukti kalau kita masih hidup." (hlm 29)

Mengisahkan tentang seorang pria berusia 39 tahun bernama Suga Tetsuji, yang sedang menderita Insomnia. Sejak ibunya meninggal, kondisi tubuhnya melemah dan atas saran dokter, ia akan tinggal di rumah ibunya di Miwashi. Rumah ibunya yang disebut 'Rumah Semenanjung' tersebut menghadap ke laut. Saat Tetsuji mampir di rest area, dia dimintai tolong untuk mengantarkan seorang wanita yang disebut-sebut Peko-Chan. Peko-Chan yang bernama asli Fukui Kimiko ini ialah wanita yang dirumorkan dapat memberi keberuntungan bagi mereka yang bersedia mengantarkannya ke tempat tujuannya dengan menata rambut mereka setelah tiba di tempat tujuan dan saat itu ia kebetulan ingin ke Miwashi juga. Dengan berat hati, Tetsuji memberi wanita tersebut tumpangan dimana ia tak bisa tenang sebab sifat Kimiko yang cerewet dan terlalu aktif.

Di Miwashi, Tetsuji yang sedang ingin mencoba menenggelamkan diri untuk menenangkan dirinya terseret oleh pusaran air yang membuatnya nyaris tenggelam, namun terselamatkan berkat Kimiko. Akhirnya setelah kejadian tersebut, Kimiko menawarkan bantuan pada Tetsuji untuk membereskan Rumah Semenanjung peninggalan ibu Tetsuji yang akan segera dijual dan Kimiko selalu menyebut dirinya bibi kepada Tetsuji (walaupun sebenarnya dia seumuran dengan Tetsuji). Tetapi dengan syarat, Tetsuji mencarikan deretan lagu-lagu klasik yang dahulu selalu didengarkan oleh anaknya, Tomoki yang telah meninggal dunia.
" Manusia maupun benda akan mengalami perubahan. Tidak ada yang bisa menghindari itu. Jika itu benar, maka kita hanya bisa berusaha untuk melewati semua perubahan itu tanpa rasa takut. Tentu saja sambil mengharapkan sebuah masa depan yang lebih baik." (hlm 325)
" Ada hal-hal yang tidak bisa berjalan lancar hanya dengan rasa cinta." (hlm 317) 
Melalui hari-harinya bersama dengan Kimiko, Tetsuji telah berubah menjadi pria yang berperilaku ramah. Entah mengapa, ia sudah terbiasa bersama Kimiko sehingga Tetsuji merasa nyaman dan mereka semakin dekat satu sama lain. Kedekatan mereka mulai tumbuh menjadi rasa cinta yang muncul secara tiba-tiba. Namun, di sela-sela kedekatan mereka istri Tetsuji, Rika berkunjung dan melihat Tetsuji bersama wanita lain. Apa yang akan terjadi di antara Tetsuji dan istrinya? Apakah ia akan kembali lagi bersama sang istri atau dia memilih hidup berbahagia bersama Kimiko tanpa rasa beban di hatinya? Cukup silakan baca bukunya saja yah.... ^_^
" Orang dewasa itu memiliki banyak hal yang kompleks." (hlm 250)

Ini adalah novel J-Lit (Japan-Lit) Penerbit Haru kedua yang aku baca. Aku suka banget sama covernya, terlihat sejuk dipandang. Memang Penerbit Haru juara banget kalau soal cover buku. Ekspetasiku terhadap buku ini sangat tinggi karena mengenai cover buku, ceritanya yang selalu membuat orang penasaran, dan karena ini adalah novel Jepang (Japan Lover ^^). Yah, begitulah aku penggemar segala hal dari negeri Sakura ini. Terjemahannya juga bagus banget dan mudah dimengerti. Aku sangat menyukai bagaimana penulis menggambarkan secara detail latar tempat yang ada di setiap adegan di dalam novel ini. Tetapi di awalan cerita, alurnya agak lambat, jadi agak menjenuhkan waktu baca. Namun seiring pergantian bab, alurnya secara perlahan mengalir dengan lancar. Sebenarnya hal ini masih bisa kumaafkan. Tokoh-tokohnya juga diperdalam dengan baik. Dan paling suka banget sama masa lalu Kimiko yang cukup nyesek :'')
" Keputusan yang dibuat oleh orang tua memengaruhi kehidupan anak mereka." (hlm 70)

Novel ini juga menceritakan bagaimana susahnya untuk menjalani kehidupan sebagai orang dewasa dan bagaimana kita saat dewasa kelak ingin sejenak merasakan ketentraman dan melepaskan beban hidup yang melekat di pikiran kita. Terutama konflik antara Kimiko dengan suaminya yang telah meninggal yang membebankan putra mereka hingga mendatangkan malapetaka. Dan Tetsuji dengan istrinya yang juga memiliki permasalahan yang sama dengan Kimiko beserta suaminya. Begitulah, cukup banyak konflik kehidupan yang terdapat di buku ini. Jadi kesimpulanku, novel ini mengajarkan kita untuk selalu menjaga hubungan di kehidupan rumah tangga apapun konsekuensinya asal anak yang merupakan tanggung jawab kita tak merasa terbebani.

Em, ada sedikit warning bagi kalian. Mengenai genre buku ini, sebenarnya novel ini masih tergolong Young Adult (Dewasa muda) tetapi agak menjerumus ke kategori Dewasa karena ada beberapa hal-hal mengenai seks (tetapi di sensor kok) dan lelucon-lelucon yang juga lumayan dewasa. Pokoknya ini tidak diperbolehkan bagi yang dibawah usia 14 tahun.

So, I give this Japan novel....
4 out of 5 stars
For Tetsuji and Kimiko aka Peko-Chan's love relationship  :3 <3

GIVEAWAY 
(19 Maret-2 April)

Ini baru pertama kalinya aku mengadakan giveaway dan kali ini aku bekerja sama dengan Penerbit Haru yang kece abis dengan mengikuti blog tour ini. Setiap Blog Tour pastinya akan ada giveaway. Dan giveaway kali ini Penerbit Haru akan menyediakan 2 eksemplar The Wind Leading To Love untuk 2 pemenang yang beruntung!! ^_^

Syarat-syaratnya adalah...
  1. Peserta tinggal di Indonesia.
  2. Follow blog ini lewat email atau GFC (Google Friend Connect).
  3. Follow twitterku @Adindaputri29D, beserta @penerbitharu dan share Giveaway ini lewat medsos semacam Facebook, Twitter, dll dengan hashtag #GAWindLeadingToLove.
  4. Jawab pertanyaan di samping di kolom komentar ->-> Bagaimanakah caramu untuk menenangkan diri dari depresi?
  5. Jawaban disertakan dengan nama, alamat, akun twitter, email kalian masing-masing yahh...
Giveaway berakhir tanggal 2 April dan pemenang akan diumumkan 2 atau 3 hari setelah Giveaway berakhir. Hadiah akan dikirimkan dari Penerbit Haru secara langsung ;)

KUIS FINALE

Oya, bagi kamu yang rajin mengikuti Blog Tour The Wind Leading To Love dari awal sampai akhir, bakal ada hadiah seru dari Penerbit Haru yang menunggu kamu lho! Apa saja yah?! Nih, hadiah-hadiahnya...
  1. Novel The Wind Leading To Love
  2. 1 buku Haru acak.
Lalu, caranya gimana? Gampang bingits!
  1. Kamu harus ngikutin Blog Tour The Wind Leading To Love dari awal sampai terakhir.
  2. Di setiap akhir postingan blog dari para blogger ini, akan menyediakan huruf-huruf yang merupakan bagian dari sebuah KATA yang harus kamu kumpulkan dan simpan baik-baik.
  3. Kamu harus menyusun semua huruf-huruf tersebut ke dalam satu image, membentuk KATA hingga jelas apa yang ada di sana.
  4. Post image tersebut di wall fanpage Penerbit Haru, sertakan kesan-kesan kamu terhadap Blog Tour The Wind Leading To Love.

(Ini hurufnya guys!! simpan ya!! ^_^)

Jadwal Blog Tour:

15 Maret: Maya Floria Yasmin @Dear Readers
15 Maret: Non Inge @Bacaan Inge
17 Maret: Biondy Alfian @A Life
19 Maret: Adinda Putri Citradewi @Reading Is My Hobby (you're here)
21 Maret: Febriyani Syahri @Another
22 Maret: Dini Y. Nurhasanah @Too Early
24 Maret: Ria Destriana @Girl With Writing Problems
26 Maret: Selviana Rahayu @Atas Nama Buku
28 Maret: Stefanie Sugia @The Bookie Looker
29 Maret: Shen Meileng @The Cute Geek


<3 xoxo
Putri

49 komentar:

  1. nama : A'immatul Ummah
    Twitter : @Aimimma1
    Alamat :Kradenan Gg.9 no.62 Pekalongan Selatan, Jawa Tengah
    E-mail : aimma7b@yahoo.com

    cara menenangkan diri dari depresi itu dengan banyak istighfar lalu mendengarkan musik dan jalan-jalan ke antai untuk menenangkan diri. setelah itu mencoba mencari solusi dr masalah yg menyebabkan depresi :)

    BalasHapus
  2. Ikutan ya hehehe

    Bagaimanakah caramu untuk menenangkan diri dari depresi? Baca buku gratisan di toko buku mwahahahahahaha *ditabok mas-mas yang jaga* Nggak tau tuh, kalau lagi galau dan bingung mau kemana (ini depresinya karena ngga tau mau maen ke mana cobak *plak) sukanya tanpa sadar malah menghampiri toko buku. Mungkin, di sana bisa baca gratisan dan membeli satu dua timbunan untuk mengalihkan duniaku. Haiah

    nama : Dion Yulianto
    alamat : Candisari RT 05/ RW 01 no 76 Bendan Tirtomartani Kalasan, Jalan Jogja - Solo km 14 Sleman Yogyakarta 55571
    akun twitter: @dion_yulianto
    email: yuliantodion@gmail.com

    BalasHapus
  3. Kalo lagi depresi, saya biasanya nyanyi-nyanyi.
    Bisa di kamar sendiri, bisa di antara temen-temen yang sudah ngerti dengan kelakuan ajaib saya ini, bisa juga di kamar mandi (ini yang paling seru).
    Kalo lagi ada duit lebih, bisa ngerayu temen-temen patungan ke tempat karoke.
    Kalo duit lebihnya lagi dikit, cuman bermodal kacang sama aer putih, todong temen yang jago maen gitar (sebagai pengiring) dan temen yang pinter nyanyi (sebagai penutup suara fals saya) buat nemenin gegitaran di kos. Jadilah konser terbuka.
    Ini manjur. Ciyus.
    Depresi hilang berkat nyanyi-nyanyi sambil sesekali ngakak bareng haha-haha, sampe ada lemparan batu dari tetangga.... ||--(~..~")>

    Nama: Muhajjah
    Alamat: Yogyakarta
    Twitter: @a_philo
    email: m.saratini@gmail.com

    BalasHapus
  4. Nama: Ana Indriyani
    Alamat: Gambretan, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta 55583
    twitter :@anaindriyani
    email :ai_ana@ymail.com

    Bagaimanakah caramu untuk menenangkan diri dari depresi?
    setiap orang memiki cara sendiri-sendiri untuk menenangkan diri dari depresi. kalau saya sendiri caranya adalah:
    1. Traveling, traveling nggak harus jauh! tempat-tempat terdekat dengan rumah aja bisa buat sarana traveling kok.
    apalagi kalau kebetulan tempatnya itu masih alami dan belum banyak di kunjungi orang. pasti enjoy banget buat menjernihkan kepala di sana. saya sering sekli jalan di pinggiran sungai (bukan slokan loh), menelusuri sungai yang masih bening sangat menyenangkan. rasanya masalah ikut ngalir gitu aja. yang penting kalau kalian ikut jalan ke sungai jangan lompat ke sungainya loh. poinnya adalah keluar dari rutinitas sehari-harimu.
    2. Hobi, tiap orang pasti punya hobi masing-masing kan? nah kalau saya adalah membaca dan nonton drama. cari yang genre lucu/komedi atau yang bikin mewek sekalian. dua hal itu adalah salah satu cara untuk melepas emosi kalian dengan bebas. manfaatkan semaksimal mungkin. kalaupun pas ketahuan sama ortu atau temen ngeles aja kalau bacaan/tontonan kalian bikin ketawa atau nangis bombay. padahal aslinya karena depresi. pasti deh mereka hanya geleng2 kepala.
    3. Hang Out. bisa sama temen/pacar/ saudara. intinya adalah "bisa ngerasa nggak sendirian aja" sedih banget kalau depresi dan nggak punya orang yang bisa diajak ngoborol. jalan bareng aja ketempat yang oke. sekalian cuci mata di toko kalau perlu. hehe
    oke cukup 3 aja deh,,
    selamat mencoba tipsnya.
    follow back my blog, please!
    komunitasanaknyasar.blogspot.com ! thankyou

    BalasHapus
  5. Nama : Usriyah
    Email : usriyah1004@gmail.com
    twitter : @uuslee21
    alamat : Jl. Babakan Redo Kertamulya Rt/Rw 01/01 No. 91 Kec. Bongas, Indramayu, Jawa Barat 45255

    Jawaban :

    Biasanya sih kalo lagi stres, aku bakalan beres-beres rumah. Walaupun aku bukan orang yang rajin beres-beres rumah sihh.... tapi perasaan saat rumah sudah beres tuh, rasanya plong! Lega gitu. Jadi ya itung-itung bantuin mamah. Hehehe.
    Selain itu, aku juga pernah sih kalo lagi stres atau depresi, ngajak temen jalan-jalan gitu, sekalian cuci mata. Hehehe :D

    BalasHapus
  6. Bagaimanakah caramu untuk menenangkan diri dari depresi? Cara saya adalah mendengarkan musik, menyanyi lagu yang ceria, tidak menunda waktu, mengerjakan tugas yang saya dapat dengan senang, istirahat teratur, jalan-jalan sama teman, curhat sama temen dekat, membaca novel di perpustakaan sekolah, tentunya beribadah kepada Allah S.W.T :)


    Nama : Mentari Izzati
    Alamat : Jln.Mawar, Ds. Tegal Wangi, RT 12 RW 04. Kec. Talang, Kab. Tegal, Jawa Tengah.
    Twitter : @mentariizzati_
    Email : mentari.harukacigull@gmail.com

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Nama : Nurul Ummah Umaeroh
    alamat : Rusunawa Putri Universitas Jember Jl. Kalimantan No. 37, Kampus Tegalboto, Jember, Jawa Timur 68121
    twitter : @n_ummah_u
    email: uulummah3179@gmail.com
    cara menenangkan diri dari depresi? cara yang sederhana tapi ampuh yaitu berada di tengah-tengah orang yg menyayangi kita dan kita sayangi, seperti ayah-ibu, kakak-adik, teman, sahabat, dan juga pacar mungkin (bagi yg punya sih,, hehehe). tertawa bersama mereka, bersandar di pundak mereka, berbagi cerita dengan mereka, benar-benar membuat kita merasa jauh lebih baik saat kita sedang tertekan. mereka adalah harta karun paling berharga yang paling sulit untuk dicari, mereka adlah obat termujarab di dunia ini,,, So laughing together, crying together :)

    BalasHapus
  9. Jalan-jalan ke toko buku, dan beli buku yang kira-kira bisa menghibur. Buku itu pengalih perhatian yang paling baik. Kalau nggak, ambil dan baca buku yang sudah lama aku beli tapi nggak aku baca. Dengerin lagu-lagu yang asyik dan bikin semangat untuk bangkit dan nggak menyerah.
    Aku usahakan kontak teman, buat sekedar jalan-jalan, nonton film, ngobrol ngalor ngidul dan ngopi-ngopi cantik. Haha. Tapi, saat sedih gitu, malah sebaiknya jangan minum kopi kental karena bikin kita agak nggak rileks. Lebih baik cokelat panas dengan susu dan latte. Atau, minuman kopi yang banyak tambahan susunya. (Ih, ini jadi ngomongin kopi, haha... Tapi, minuman itu memang salah satu cara untuk rileks sih)
    Setelah ketemu temen, biasanya jadi punya ide-ide segar untuk menata hidup selanjutnya. Kadang, sekedar ketemuan dan belajar bikin handycraft bareng, itu sudah bikin rileks. Jadi, hidup nggak bergumul dengan masalah yang itu-itu aja melulu.
    Selalu mengingat Tuhan selama napas masih ada. Cuma percaya satu hal, mengingat Tuhan dan hati yang gembira adalah obat. Semangat!

    Endah SA, twitter @end_ah_sa, happy.endahsa@gmail.com

    BalasHapus
  10. Caraku menenangkan diri dari depresi itu, cari kesibukan yang sesuai dengan hobiku. Baca novel, nonton drama atau baca novel sambil dengerin lagu. Kalo gak mempan, aku pergi ke toko buku, sekedar mampir dan pulang dengan kresek berisi alat tulis gak penting yang menurutku lucu. Hehehehehehehe
    Kalo masih gak mempan juga, cari tempat nongkrong, makan camilan kayak jamur atau kentang krispi, minum es kopi sambil baca novel, oya dengerin lagu juga. Yang penting tempat nongkrongnya gak berlebihan ramenya. Hehehehehehehe....


    Nama: Rizcha Mawadah
    Alamat: Wonokitri gang 2 No 105 RT/RW 004/001 Kel. Pakis, Kec. Sawahan Surabaya 60256
    Twitter: @ChaEcungMochi
    Email: rizcha_10@yahoo.co.id

    BalasHapus
  11. Nama : Natrila Femi
    Twitter : @natrilafemi
    email : natrilafemi(at)gmail(dot)com
    alamat : Jl. Terusan Sumbing 1 no 15, RT 09/ RW 01 Legoksari Pandean, Temanggung Jawa Tengah 56213

    Kalau buat aku cara menenangkan depresi yaitu dengan diam sebentar, renungi apa yang bikin depresi. Tanya sama diri sendiri seperti, bener gak sih kalo hal kayak gini aja bikin depresi? Atau aku bener nggak sih ngelakuin ini itu?

    Kalau udah yang kayak gitu gak mempan, biasanya aku curhat sama teman atau anggota keluarga. Mereka solusi terbaik buat curhat, walaupun kadang aku nggak puas sama jawaban mereka. Nah kalau begini, biasanya aku lakuin apa yang aku sukai, nonton video humor lah, nonton film, nari nari sesuka hati, dll.

    Udah kayak gitu masih tetep depresi? Coba deh hadapi sendiri apa yang bikin kamu depresi itu. Bagiku, kalau kita malah menghindar dari apa yang udah buat kita depresi, kita malah semakin gak bisa lepas sama depresi itu. Lagipula kalaupun kita dilanda depresi, life must go on right? Hidup ga harus mandek seketika hanya karena depresi, dan yah lagipula kita masih punya kesempatan untuk melakukan hal-hal yang baik di dunia ini :D

    BalasHapus
  12. Nama : Sofhy Haisyah
    Alamat : Jl. Ratulangi Komp. Kodim 1422 Maros, No. 20 (Pelda Sapardin), Kec. Turikale, Kab. Maros, Prov. Sulawesi-Selatan, Kode Pos 90511
    Twitter : @Sofhy_Haisyah
    Email : sofhyhaisyah@yahoo.co.id

    Sebelum ngejawab aku mau nyampein unek-unek nih.. Syarat nyantumin alamat kayaknya berlebihan.. Mungkin maksudnya kakak host, domisili kali yah ? ^_^))v

    Oh iya, untuk saya pribadi, cara menenangkan diri dari depresi yang terbaik itu adalah MENANGIS.. Entah itu nangisnya dipaksa dengan bantuan film melow, dengar musik, atau pas curhat bersimpuh dikeheningan malam dengan penciptaku.. Cara itu selalu berhasil ! Karena saat aku nangis, terkadang aku bisa bicara dengan jiwa dalam diri aku sendiri..

    "Kamu ngapain nangis?"
    "Kamu jelek tau kalo nangis terus"
    "Udah deh, emang besok kuliah kamu gak malu mata kamu bengkak ?"
    "Diluar sana masih ada tau yang memiliki masalah lebih berat dibandingkan kamu"

    Diatas itu beberapa percakapan aku dengan diri aku sendiri pas nangis saat terpuruk (depresi), dan hal itu berhasil dan memberi aku semangat dan motivasi bahwa hidup memang gak selalu bahagia, pasti kita juga akan merasa terpuruk (depresi juga).. Bahkan, masalah yang dihadapi org diluar sana bisa jadi lebih berat dibandingkan aku..

    Sudah nangis, biasanya langsung bercermin.. Liat muka aku sendiri, sambil tersenyum, dan ucapkan kata-kata "aku bisa menghadapinya", "aku bisa melewatinya".. :)

    BalasHapus
  13. Nama: Noer Anggadila
    Alamat: Jl. Brantas Gg. Toyo Arum Indah, RT/RW 01/01 Kel/Kec. Kademangan/Kademangan, Kode Pos: 67225 Kota Probolinggo-Jatim
    Twitter: @noerfaradila
    E-mail: noerfaradila@yahoo.co.id
    Cara nenangin diri dari depresi:
    Pertama cari tempat sepi, sunyi, biasanya kalau di rumah ya masuk kamar, kunci pintu terus muter lagu yg melow biasanya, habis itu nangis sepuasnya dan usahain tanpa suara. Setelah itu ngomong sama diri sendiri apa aja yang mau diomongin, menyesali perbuatan apapun itu, terus marah sama diri sendiri karena cengeng, setelah itu nasehatin diri sendiri supaya cepet berhenti nangisnya. Setelah merasa cukup, biasanya aku lebih memilih tidur buat bisa nenangin diri dulu.Entar habis bangun tidur baru deh keluar kamar.

    Nah, kalau masi ada yang ganjel dan pingin curhat ya biasanya curhat ke ortu atau ke sahabat, luapin semuanya, apa aja dan dengerin nasehat mereka.

    Mencoba menyibukkan diri dengan hal baru biar bisa cepet lupa sama masalahnya, dengerin musik dan baca novel, kadang-kadang sih nyemil juga bisa buat nenangin diri aku :)

    BalasHapus
  14. Nama : Fatima Ulya S.
    Alamat: Jl.Pintu Gerbang gang IV no.73
    Twitter : @ulyafts
    email: faulyafts@yahoo.co.id

    cara menenangkan diri dari depresi.

    biasanya baca laa haula wa laa quwwata illa billah. kalau masih depresi, ngaji. tapi kalau masih depresi ngeluarkan emosi sepuasnya tapi jgn ngerusak. terus cari kegiatan yg bisa menenangkan dari depresi. seperti baca buku atau dengerin lagu... musik klasik katanya bisa nenangin juga lho. itu saranku..

    BalasHapus
  15. nama: nurul mutmainnah jamil
    twitter : @mutmainnahJ
    link share : https://twitter.com/MutmainnahJ/status/578516271429328897
    e-mail : nuruljamil77@gmail.com (followed blognya via e-mail mbak :3)
    alamat : Hartaco, blok 2F/06, RT/RW, 003/003, Kel. Benteng, Kec. Wara Timur, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, 91921

    cara menenangkan diri dari depresi:

    kalau aku pribadi sih, cara nenangin diri dari depresinya adalah dengan mendengarkan musik genre heavy rock, semua lagu-lagu death metalnya avenged sevenfold, atau the script.

    kalau misalnya depresi dari menulis, aku akan baca banyak banget novel genre teenlit romance. abis itu, aku akan buka folder draft di laptop aku, terus kembali menanamkan cita-cita, kalau aku nggak boleh berakhir disini, engak dengan semua draft yang ada. semua kerja keras gue nggak boleh sia-sia.

    yah.... sekitar itulah. kalau aku depresi, aku akan mengingat alasan kenapa aku nggak bolehberada di zona bawah lebih lama.
    untuk tempat favorite menghilangkan depresi adalah rumah teman aku. rumah tempat aku dan teman-teman ngumpul meski sudah beda sekolah. selain itu, laut di dekat rumah juga jadi tempat aku melampiaskan kekesalan.
    aku juga suka lari keliling lapangan kota kalau lagi frustasi... :3

    makasih GAnya kak, moga sukses terus :3

    BalasHapus
  16. Nama : Dian. S
    Alamat : Jln Raya Samben - Paras No. 36 RT. 01/RW.01 Sidorejo, Karangjati, Ngawi, Jatim
    Twitter : @DeeLaluna
    Email : dian_putu26@yahoo.com
    Link Share : https://twitter.com/DeeLaluna/status/578529174878486530

    Mencari suasana baru. Itu cara pertama yang muncul dipikiranku jika aku mengalami depresi. Di tempat baru, kita tidak boleh diam. Percuma saja kalau kita hanya bengong. Ujung2nya pasti balik mikirin masalah itu. Nah, aku harus sibuk. Apapun. Bisa baca buku, kerja rodi ngaspal jalan, ngelapin daun2 di hutan, apapun deh. Yang penting nggak bengong.
    Andaikan g bisa mencari suasana baru. Marilah jadi orang yang suka menolong. Coba tanya tetangga, punya cucian piring, baju, atau suruh bersihin bokong panci. Pokoknya - sekali lagi - apapun yang bisa dikerjakan, kerjakanlah. Biarkan otakmu sibuk. Semoga depresi bisa teratasi.

    BalasHapus
  17. Nama: Dian Maharani
    Alamat: Kota Bengkulu
    Akun twitter: @realdianmrani93
    Email: dianmaharani833@yahoo.com

    Caraku menenangkan diri dari depresi biasanya adalah menangis dan kemudian tidur. Walaupun menangis tidak akan mengubah keadaan, tetapi menangis setidaknya mampu mewakili hati dan perasaanku yang sedang 'terhimpit' saat itu, yang tidak bisa diwakilkan dengan kata-kata. Selanjutnya, aku pasti akan tertidur karena kelelahan, untuk mengistirahatkan hati dan perasaanku yang telah 'terhimpit' tadi, sehingga saat bangun, walaupun mata dalam kondisi bengkak, hati dan perasaan tidak 'bengkak' lagi :) hehehe

    BalasHapus
  18. Rini Cipta Rahayu
    Perum. Puskesmas Antiga, dusun Kelod, Desa Antiga, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali
    @rinicipta
    rinspiration95@gmail.com

    Caraku untuk menenangkan diri dari depresi dengan mendengarkan musik, menyanyikan lagu apa saja yang ada di playlistku. Biasanya sih, lebih ke lagu yang punya beat agak slow, jenis musik jazz, klasik maupun instrumental. Cara lain adalah dengan telepon mama, curhat tentang apapun, meminta pendapatnya. Sebenarnya, hanya dengan mendengar suaranya saja udah bisa bikin aku lega, nyaman dan tenang :)

    BalasHapus
  19. Saya ikut ya kak..^^

    Nama : Nandia Anggraeni
    Alamat : Perum. Puri Bagus Harmoni Kota Krian Blok B-3 No. 20, Sedengan Mijen, Krian-Sidoarjo
    Twitter : @Anggie_Ann06
    Email : ass.anggie@gmail.com

    Jawaban:

    Ketika saya sedang depresi, biasanya saya membaca. Awalnya saya akan menghentika semua aktivitas saya, kemudian saya akan mulai membaca. Membaca apa? Saya bisa baca apa saja, bisa buku, novel, komik. pdf/e-book, atau bahkan artikel-artikel di internet. Biasanya sih bacaan ringan, karena bacaan ringan bikin badan dan pikiran saya lebih rileks. :D
    Dan kalau ditanya kenapa saya milih membaca, saya akan bilang tidak tahu. Karena memang sudah sejak lama, membaca selalu bisa membuat saya tenang, hehe.. Jadi bagaimanapun saya depresi, saya akan selalu mencoba menenangkan diri dengan membaca..^^

    terima kasih sudah diizinkan ikut.. :D

    BalasHapus
  20. Bismillahirrahmanirrahim, semoga aku beruntung^_^

    Nama: Aubrey Biancanitta
    Alamat: Komplek Kidemang blok F1 No. 11
    Serang-Banten 42151
    Akun twitter: @biancanitta
    Email: biancanitta@gmail.com
    Jawaban: Caraku untuk menenangkan diri dari depresi adalah
    -Menerima diriku sendiri dan kelemahanku. Menerima fakta bahwa aku sedang mengalami depresi dan hiduplah berdampingan secara harmonis hinggaku berhasil mengatasinya. Tidak ada seorang pun yang suka merasa depresi, namun aku harus memahami bahwa tidak ada gunanya untuk terus menerus mengatasi depresi pada titik ini karena aku belum memiliki kekuatan, determinasi, dan keinginan untuk maju. Mencoba untuk menerima apa yang sedang terjadi dalam diriku dan sekitarku.
    -Kenali pikiran-pikiran serta perasaan negatif. Mencatat pikiran negatif setiap hari selama beberapa waktu. Lalu bisa menghabiskan waktu kira-kira 20 menit setiap hari untuk mengenali, mengelompokkan, dan memeriksa pikiran-pikiran negatif tersebut. Aku akan mencatat pikiran-pikiran dan pemeriksaan atas penyebab rasa depresi tersebut akan membuat mampu mengenali alasan mengapa aku terdorong ke keadaan mental yang buruk dan berakhir dengan depresi.
    -Mendekatkan diri kepada Allah SWT, banyak-banyak istigfar,shalawat :D. dan Curhat ke Allah SWT :3 Insya Allah, Allah akan memberikan pikiran yang terbuka, daripada curhat ke orang lain takut mulutnya ember hehe :D .
    -Tertawa. Ya, tertawa bersama teman-teman misalnya, dengan tertawa bisa lupa deh sama yang lain hehe.
    -Olahraga ringan, seperti berenang,yoga,dan bersepeda membuat badan lebih rileks.
    -Relaksasi, ya relaksasi dengan cara menarik nafas dalam-dalam, melakukan latihan-latihan ringan mengendurkan otot.

    BalasHapus
  21. Neneng Lestari
    Desa mesjid tuha jalan bungong tanjung kecamatan meurebo, meulaboh 23615
    @ntarienovrizal
    n_tarie90@yahoo.com

    Cara saya menghilangkan depresi dengan cara melupakan apa saja yang membuat saya depresi. Paling ampuh dengan melalaikan diri sendiri dengan mengoreksi tulisan teman-teman saya. Atau saya menuliskan apa yang ada di pikiran saya kedalam sebuah lembar kosong. Kadang saya juga membuat cerita fiksi untuk menggambarkan karakter saya yang sedang terjebak dalam masalah.

    Ampuh sebenarnya ...

    Cuma yah kadang-kadang saya gak sanggup juga menahannya. Dan pilihan yang paling mudah adalah menangis. Menangis sembunyi2 di bawah bantal hingga gak ada satupun orang yang tau

    BalasHapus
  22. Nama : Annisa Ayunda
    alamat : perumahan pondook mekarsari permai. jln bhineka permai blok t no 5
    twitter : annisayunda_
    email : Putri.anisa07@yahoo.com

    pertama sekali, saya akan menarik nafas panjang dan membuangnya. lalu mungkin saya akan sama seperti Tetsuji dan Kimiko, saya akan melarikan diri. berjalan pergi dan jauh. pergi ke tempat dimana tidak ada yang mengenal saya. ketempat yang membuat pikiran dan jiwa saya tenang. dulu saya menenangkan diri dengan cara yang tidak baik tapi sekarang saya olahraga. yoga dan meditasi sangat membantu depresi. kalau sedang kesal sekali saya angkat beban atau lari. membaca buku juga efektif, melupakan semua hal hanya dengan melompat masuk kedalam tulisan orang lain. cara lainnya yang paling penting. berubah. berani berubah ke arah yg lebih baik. dan terakhir yang paling gampang murah efektif : TERTAWA ! terserah menetertawakan apa saja, saya pernah ketawa sampai menangis di kereta saat sedang kesal. pokoknya tertawa ini paling mudah dan efektif :)

    BalasHapus
  23. Nama : Rima Dwi Andina
    Alamat : Perum. Duta Kranji, Bintara, Bekasi Barat
    Email : rimadwiandina@yahoo.co.id
    Twitter : @andinarima

    Hem, depresi, ya? Sejujurnya sih enggak pernah depresi. Sementok-mentoknya mungkin stres, sedih berkepanjangan, dan overthinking. Ya, aku memang tipikal yang overtinking, hal sepele pun aku akan kepikiran mulu, entahlah *oke ini curcol, haha*
    Hem, kalau stres, lumayan lah yaaa. Pernah, beberapa kali, semoga ga sering, soalnya kan ga baik, hihi... Aku tuh paling ga kuat denger orang bentak-bentak deh, udah disitu pasti 'mental' aku langsung down, langsung yang 'AAARRRRGGHHH, BISA DIEM ENGGAK SIH LO??!' gitu deh... Jadi ya yang paling aman 'aku menulikan telingaku dengan suara musik (korean-pop) yang sangat cukup untuk dibilang keras' Volume 13 di Galaxy Young dengan dua earphone di kedua telinga. Cukup untuk bikin budeg, haha...

    BalasHapus
  24. Menenangkan diri dari depresi :
    1. Melakukan hobby seperti baca novel, dengerin musik, dan coba2 bikin resep masakan baru =)
    2. Jalan-jalan ke toko buku, mall (window shopping)
    3. Makan dark chocolate biar HAPPY :p
    4. Chatting sama teman2.
    5. Olahraga kayak jogging dan yoga.
    6. Menerapkan prinsip hidup : cuek ala pinguin. Biar banyak masalah, cobain solusi trial and error, nanti juga beres sendiri ^.^

    Nama : Fransisca Susanti
    Alamat : Bogor Baru Blok B Bogor 16152 (rumah Bu Adhi)
    Email : siscawiryawan@ymail.com
    twitter : @siscacook

    BalasHapus
  25. kalau aku sih menenangkan dirinya tergantung situasi dan akar permasalahan juga tingkat beratnya depresi ehehe :D
    biasanya :
    1. wudhu.. sholat, dzikir.. (ini paling sering dilupain tapi paling nyaman kalau dilakuin)
    2. baca novel (biar lupa sama masalah)
    3. stel musik kenceng-kenceng (biar ngefly)
    4. dengerin musik melow pake headset sampai nangis sendiri (after that lega sendiri karena sukses nangis)
    5. makan makanan yang ada komposisi cokelatnya (biar perasaan bahagia dan tenang menyusup dengan sendirinya)
    6. jalan-jalan ke tempat terbuka yang sepi dan tenang.. (biar ketularan ketenangannya)
    7. curhat sama orang yang dipercaya (nah kalo yg ini opsi terakhir deh, kadang orang yg diceritain kan gak selamanya ngerti kondisi perasaan kita)

    nama : Dias Shinta Devi
    alamat : Bantarjati Kaum RT 03 RW 04, Jalan Ciremai Ujung (Gang Pesantren), Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Kode pos 16153.
    email : diasshinta.iyas@gmail.com
    twitter : @diasshinta

    BalasHapus
  26. Cara menenangkan diri dari depresi? Dirumah nonton tv bareng keluarga^^ walaupun saya orang yang gak suka curhat masalah saya ke keluarga, tapi beban di diri saya seakan otomatis hilang kalo udah ngumpul bersama mereka. Suasana hangat yang tercipta sambil ketawa bareng, bercanda, ngobrol. Tapi kadang kalo depresinya karna cinta, biasanya saya lebih suka baca novel / komik, dengerin musik, nyanyi bareng sama kakak atau ngerecokkin abang saya :D dan fikiran yang tadinya mikirin "dia" terus langsung berubah jadi "buat apa mikirin dia terus kalo masih ada kegiatan lain yang bisa buat saya bahagia" fikirkan apa yang kamu cintai, jangan cintai apa yang kamu fikirkan :)

    Nama : Saharani Indriyanti
    Alamat : Jl. Gunung Galunggung Blok D2 RT. 002 / RW. 010 No. 18
    Email : ranikurniawan26@gmail.com
    Twitter : @saharani01

    BalasHapus
  27. Bagaimanakah caramu untuk menenangkan diri dari depresi?

    Dengan menghibur diri, melakukan hal yang menyenangkan, bersantai, atau melakukan sesuatu yang disukai... :D

    Nama : Ayu Arista
    Alamat : Jembrana, Bali
    Twitter : @AyuArista16
    Email : ayuarista805@yahoo.co.id

    BalasHapus
  28. Nama: Musdalifah Putri
    Alamat: Jl Puspa Widya Ciater 1 Kel. Lengkong Wetan Kec. Serpong
    Email: musdalifahpoetry@yahoo.com
    Twitter: @MusdalifahYeaa

    Cara ku untuk menenangkan diri dari depresi yaitu dengan cara mendengar musik, menonton TV, menyendiri, bercanda dengan teman teman, melakukan kebiasaan yg menyenangkan, mencoba untuk tidak terlalu memikirkan suatu masalah, membaca novel, berusaha untuk mengatahui apakah memang benar benar depresi & selalu berdoa kepada tuhan agar diberikan solusi dan jalan keluarnya :)

    BalasHapus
  29. nama : Rizki Oktavia
    alamat : Jln. Swadaya IX RT 12 RW 01 No.36 Duren Sawit,Jakarta Timur 13440
    email : rizki_oktavia@ymail.com
    twitter : @rizKorea

    Jujur yaa... biasanya aku kalau nenangin diri dari depresi itu guyuran dibawah shower di kamar mandi,bawa handphone juga ke kamar mandi sambil muter lagu mellow dengan volume paling keras plus ikut nyanyi juga sekenceng mungkin supaya pikiran stress ini bisa turut hilang bersama air yang mengalir. Kalau memang depresi itu membuatku ingin menangis, aku akan menangis juga dibawah shower karena tidak seharusnya airmata ini dipendam. Dan.. supaya pikiranku bisa lebih fresh seperti sedia kala.

    BalasHapus
  30. Nama : Agnes Budianto
    Alamat : Jalan Tambora Raya No. 6
    Email : prettyrhythm86@yahoo.com
    Twitter : @agnesb0702

    Biasanya , buat menenangkan diri dari depresi aku punya dua cara , mungkin salah satunya rasanya aneh buat orang banyak ; aku baca buku novel / komik dan dengerin lagu mellow dari soundtrack anime atau ga lagu instrumental . Aku juga suka nonton anime yang sedih - sedih biar aku ga mikirin tentang depresi atau ga aku bikin cerita . Bagi aku , itu refreshing buat otak dan mental aku

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Nama : sandra febry adriani
    Alamat : Ps. Ampalam, Kamumuan, Kec Sungai Limau, Kab Padang Pariaman, Prov Sumatera Barat
    Twitter : @sandra129499os
    Emai : littlesaengie@gmail.com

    Bagaimanakah caramu untuk menenangkan diri dari depresi?

    Hoalahhh, sejujurnya aku sedikit bingung kalo ngungkapin (ngejelasin) sesuatu yg jujur aku lakukin secara tak sadar atau bahkan berlalu begitu saja hingga lupa. Contohnya seperti cara menenangkan diri dari depresi, jujur aku tidak pernah punya cara untuk nenangin diri. Aku itu kata orang tuaku dan teman2ku adalah orang yg panikan dan ngenganggap semua hal itu benar adanya tanpa mikir dulu. Karena itu saat aku depresi aku akan kepikiran terus dan terus hingga aku kecapaian. Nah pas titik jenuhlah aku sadar bahwa jika aku mikir hal ini berguna dan gak mau berhenti di tengah jalan karena percuma dong pengorbanan yg selama ini aku buat? Jadi cara aku ngatasi depresi itu muncul secara alami setelah mengalami titik puncak dan akhirnya pikiran positif muncul begitu saja dari otakku hhehehe^^

    BalasHapus
  33. Cra menghilangkan depresi untukku adalah mendengarkan music klasik. Biarkan masalah kita hilang bersama musik yang lambat laun berhenti. Namun jika sudah mencapai puncaknya aku selalu pergi melarikan diri dari masalah tersebut. Mencari tempat tenang dan melupakan masalah tersebut. Yang paling sering aku lakukan adalah mendengarkan musik.

    Nama Puspa Imanda
    Alamat : Jawa barat , tasikmalaya, rajapolah, tanjungpura, cihonje warung, rt satu rw lima
    twitter : @imanda_z
    email: imandapuspa01@gmail.com

    BalasHapus
  34. Kalau sedang depresi saya akan melakukan sejumlah kegiatan random yang saya putuskan mendadak. Seperti menyusuri jalan di kota Bandung dengan berjalan kaki. Biasanya saat jalan kaki ini saya akan menemukan banyak hal menarik. Biasanya temuan itu akan mengingatkan saya untuk bersyukur dan menikmati hal yang sedang saya alami.

    Nama: Atria Dewi Sartika
    alamat: Komplek Batan Bandung
    twitter: @atriasartik
    email: anora.widad@gmail.com
    link share: https://twitter.com/atriasartika/status/580328274812751872

    BalasHapus
  35. nama : Mita Andriana
    alamat : Jl. tengger raya 2/39 RT 01, RW 02, Kec : Benowo, Kel: Kandangan, Surabaya 60199
    twitter : @mita_andriana
    email : mitafishy@gmail.com

    sebenarnya selama ini aku hanya merasakan dua keadaan depresi yaitu dari pihak keluarga dan juga atas keadaan diriku sendiri yang membuatku frustasi, dan dari dua keadaan itu aku selama ini hanya bisa menenangkan diri dengan cara membaca novel terjemahan bergenre fantasi. Tepatnya aku berusaha membayangkan diriku sendiri menjadi tokoh antagonis yang bebas mengekspresikan keadaan dirinya dengan menjadi jahat!!! Tapi dari sisi itu aku berpikir seandainya aku menjadi sosok dari tokoh tersebut, akankah ada keluarga atau orang lain yang mau bergaul dan mengerti akan diriku? Jawabannya tentu mayoritas tidak ada yang mau, dari sini aku bisa menyimpulkan selain dengan cara membaca sederet karya yang menakjubkan bisa mengalihkan rasa depresiku, aku juga bisa mengambil makna dan pesan dari apa yg aku dapatkan agar aku tidak membuang-buang waktu dengan depresi berkepanjangan. karena hidup harus terus berjalan. Life Must Go ON!!! :)

    BalasHapus
  36. Nama: Aya Murning
    Alamat: Komplek Garuda Putra III Blok A-11 RT 21 RW 05 Kecamatan Sukarami Kelurahan Sukajaya, Palembang, 30151
    Twitter: @murniaya
    Email: ayamurning@gmail.com

    Seseorang mengalami depresi tentu karena adanya tekanan hidup atau masalah yang membuat pusing yang lama-lama makin dipendam malah jadi depresi bahkan 'bom waktu'. itu lah mengapa kebanyakan orang yang sedang depresi sering mengunjungi dokter atau psikolog untuk penanganan dan menumpahkan uneg-unegnya supaya tidak menjadi 'bom waktu' jika depresinya sudah sangat berat. tapi, untukku sendiri belum pernah mengalami depresi yang terlalu parah. jika aku mengalami depresi oleh suatu masalah, yang akan kulakukan adalah:
    - mendengarkan musik, seringnya instrumental yang mellow sebagai perangsang supaya lega kalau nyeseknya dikeluarkan lewat tangisan.
    - banyak-banyak ingat Tuhan bahwa semua yang dialami ini tidaklah melebihi batas kemampuanku. mencurahkan semua kesulitan dan berdoa pada-Nya agar dimudahkan segala urusan.
    - bertemu, jalan bareng, karaoke, dan bercengkrama dengan para sahabat tersayang untuk membantu suasana hati jadi ceria lagi.
    - curhatkan juga pada sahabat terpercaya dan orang tua atau saudara agar mereka dapat memberi solusi.
    - sering main sama keponakan yang masih kecil. kelucuan mereka juga dapat mengobati depresi.
    - tetap positive thinking bahwa masalah yang dihadapi akan berakhir dengan baik dan ada hikmah yang bisa dipetik.

    BalasHapus
  37. Bagaimanakah caramu untuk menenangkan diri dari depresi?
    Hal yang paling ampuh bagiku untuk menenangkan diri dari depresi salah satunya adalah berdiam diri. Karena aku orangnya memang sering menghadapi hal tersebut jadi dengan cara itu paling tidak aku bisa mengontrolnya dan tidak membuat rugi orang lain. Cara lainnya, mendengarkan musik klasik atau slow. Menurutku ini juga salah satu cara ampuh menenangkan depresi. Musik klasik maupun slow cenderung menularkan energy positif dan membuat setiap pendengarnya merasa nyaman.

    Nama : Rina Eko Wati
    Alamat : Tulungagung, Jawa Timur
    Akun twitter : @HikariMio
    Email : rinaeko87@gmail.com

    BalasHapus
  38. Ikutan ya

    Nama : Yunita Hentika
    Twitter : @yunitahentika
    Email : yunitahentika@gmail.com
    Alamat : Pakal Residence B-21 , Pakal, Surabaya 60196

    Kalo depresi saya punya banyak cara untuk mengatasinya. Pertama saya akan membaca ulang buku favorit saya ( Pride and Prejudice Jane Austen), atau saya akan menulis di buku harian saya sampai jari saya kram ( saya menyimpan banyak tumpukan buku diary mulai kelas 4 SD hehe), yang ketiga saya akan memutar ulang film romance favorit saya antara lain Serendipity, Pretty woman dll.

    Dan kalau semua itu tidak mampu menghapus galau saya, biasanya saya akan berlama lama membaca Qur'an sehabis sholat maghrib. Alhamdulillah segala sesuatu saya kembalikan kepada Allah.

    Terima kasih giveawaynya dan sukses untuk impiannya menjadi penulis.

    BalasHapus
  39. nama : Azzah Hanifah
    alamat : Desa Kebasen rt.08/rw.02 no.14 Talang - Tegal 52193
    akun twitter : @azhanifa
    email : azha.4224@gmail.com

    1) BACA NOVEL SEBANYAK-BANYAKNYA
    Serius. Gue kalau nenangin diri dengan banyak baca novel, soalnya baca novel bikin gue melupakan waktu dan masalah apa yang terjadi sama gue. Terus suka berkhayal tokohnya itu gue dan kalau ceritanya happy end atau gantung, otak gue seakan-akan langsung melanjutkan ceritanya tapi versi gue dan secara enggak langsung gue merasa lega dan masalah yang menimpa otak gue berangsur jadi biasa aja. Aneh? Emang, tapi siapa peduli yang penting stres gue ilang.
    2) DENGERIN MUSIK DAN IKUT NYANYI
    Dengan dengerin musik dan ikut nyanyi, gue terbawa suasana enjoy dan ya itu lumayan ngilangin stres. Nyalain 3-6 lagu mantabs. Kalo masih stres? Volume digedein dan playlist dibanyakin haha :D Jangan nyalain lagu galau alias melow-melow bukan stresnya ilang malah jadi tambah stres + galau =="
    3) IBADAH
    Tasbih bisa menenangkan hati. serius. Sholat juga dan depresi gue bakal sendirinya ilang soalnya gue inget masih ada Allah SWT maka semuanya akan baik-baik aja. Allah SWT enggak akan memberikan cobaan yang enggak bisa dihadapi hambanya, dan inget hal itu bikin gue bangkit!
    4) TIDUR
    Kalau semua yang 3-3nya masih belum manjur. Tidurlah. Lu butuh istirahat. Karena stres datangnya dari diri sendiri, maka hilangkanlah dengan diri sendiri. Tidur dan lupain apa yang bikin stres. Bangun dan nikmati lembaran baru~

    BalasHapus
  40. nama: Nisa
    alamat: Kp. Baru No. 2 Rt/rw 001/008 Desa Wanaherang Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor, Jawa Barat
    akun twitter: @icajahe
    email: ica.jahe94@gmail.com

    caraku menghilangkan depresi itu dengan menangis. hati jadi lebih tenang setelah menangis.. trus biasanya klo habis nangis kan ngantuk, jadinya aku sambung dengan tidur :-D
    alhamdulillah selama ini ampuh.. hehe..

    BalasHapus
  41. Caraku menghilangkan depresiku adalah
    1. Dengan mendengarkan musik yang bikin sedih agar aku bisa menangis sedu sedan untuk meluapkan semua hal yang tidak bisa aku ungkapkan atau musik yang menaikkan mood agar bisa semangat lagi
    2. Makan coklat selalu ampuh untuk membuatku tenang
    3. Mengistirahatkan pikiran dengan tidur hehe

    Nama: Maulida
    Alamat: Potrobangsan II no 19 Magelang Utara, Magelang, Jawa Tengah
    Akun Twitter: @Maulida_Pertiwi
    Email: maulida.pramudianti.a.p@gmail.com

    BalasHapus
  42. Cara aku menghilangkan depresiku dengan solat dan baca alquran. Bawaannya pasti tenang banget, tiap solat atau baca alquran kalo ada masalah nanti bisa keluar air mata. Habis itu nangis sepuasnya dikamar, terus tidur. Pas bangun udah lupa sama masalah kemarin. Hahahaha. Memang mendekatkan diri dengan Tuhan paling pas lah buat menyelesaikan masalah.
    Nama: Muslihatin Khuril Rosyida
    Alamat: Tegal Arum RT 04 Rw 31, Mojosongo, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah
    Akun twitter: @khurilrosyida
    Email: khurilrosyida@gmail.com

    BalasHapus
  43. Basanya pas aku depresi sih lebih banyak diam, merenung atau mungkin mendengarkan musik favorit. Justru saat aku merasa depresi aku merasa jika kekuatan dalam diri aku masih ada dan menunggu dikeluarkan, jadi pada saat ini aku punya banyak waktu untuk diriku sendiri. Aku akan menangis pada hari itu hingga aku tak punya persediaan air mata, besoknya aku bisa menemukan motivasiku kembali. Kuncinya sih merenung, mendengarkan musik, pothink, melakukan apapun yang aku suka, menangis, bebas depresi. Gitu aja sih


    Astria Dhima. Jln. Raya Patuk Sari RT 6 RW 1 Kec. Wonosari Kab. Malang Jawa Timur 65164

    twitter : @astria_dhima
    email: astriadhima@yahoo.com

    BalasHapus
  44. Nama : Fita
    Twiter : @fitania09
    Alamat : Malang
    Email : fitania90@gmail.com

    Cara aku menenangkan diri waktu sedih/depresi yaitu dengan sholat..karena dalam sholat aku menemukan kedamaian tiada batas..di tiap sujud akhir pasti sajadah ini basah dengan air mata tapi setelah itu aku lega..setelah itu aku mencoba banyak2 istighfar...jika kondisi ku agak membaik aku kadang curhat sama temen kalo gak gitu aku buat tidur..soalnya selama ini jika aku sedih,tidur adalah senjata andalan ku & itu terbukti bikin kesedihan ku sedikit berkurang :)

    BalasHapus
  45. Cara nenangin depresiku tuh biasanya nangis dulu, biar puas, hehehe. Kalo udah nangis biasa mandi. Kalo bisa sih keramas biar kepala jadi dingin dan seger. Abis itu biasanya makan coklat atau kalo nggak minum coklat dingin sambil baca komik/novel komedi
    nama: Etika setya
    alamat: Malang, Jawa timur
    akun twitter: @tikikabum
    email kalian: tikikabum@gmail.com / tikakibum@gmail.com

    BalasHapus
  46. Nama : Shiela Hartiningtyas
    Alamat : RS Borromeus bagian farmasi, Jl. Ir. H. Djuanda No.100, Bandung 40132
    Twitter : @ruth_shiela
    Email : yskasim@gmail.com
    Jawaban :
    Saat mengalami depresi, biasanya aku lebih memilih menyendiri di dalam kamar untuk menenangkan diri. Saat menyendiri itu aku sambil mendengarkan
    musik yang slow dan menenangkan. Tidak lama kemudian biasanya aku akan mulai menangis.
    Dengan menangis rasanya semua beban yang ada dalam diriku dapat keluar semua.
    Setelah menangis rasanya perasaanku bisa menjadi lebih lega.
    Menangis memang merupakan senjata ampuh lho untuk menumpahkan seluruh uneg-uneg yang ada dalam diri kita.

    BalasHapus
  47. Nama : Hikmawati Cahyaning Tyas
    Alamat : Pekalongan, Jawa Tengah
    Twitter : @tyashc
    Email : tyashc[at]gmail[dot]com

    Bagaimana cara menenangkan diri saat depresi?

    Kalau hanya ingin melepas penat dari rutinitas, biasanya aku ke pantai. Melihat ombak, merasakan angin pantai atau berenang. Tapi kalau sudah tahap stres, aku memilih pergi dari rumah. Eits, bukan kabur dari rumah. Tapi melakukan perjalanan, travelling. Sekedar mengunjungi rumah teman yang berada di pedesaan dan jalan-jalan di perkebunan teh untuk menghirup udara segar. Biasanya aku melakukannya bersama beberapa teman. Itu cukup ampuh untuk menghilangkan stres.

    BalasHapus
  48. Nama : Hary Gimulya
    Twitter : @angels_rutherfo
    email : harygimulya@gmail.com
    alamat : Kantor Yayasan Unpar, Jl. Ciumbuleuit No.96, Bandung 40141
    Bagaimanakah caramu untuk menenangkan diri dari depresi?
    Well, banyak hal dalam kehidupan kita yang bisa bikin depresi jika kita tidak bisa mengatasinya,
    misalnya ketika mendapat nilai jelek di sekolah/kuliah, dimarahi oleh atasan kita, sampai putus dengan
    pasangan. Jika dibiarkan berlarut-larut, depresi yang kita alami itu bisa memperburuk keadaan kita sendiri.
    Stop keadaan itu. Lakukan hal yang menurutmu dapat menenangkan diri dan menghilangkan rasa depresi yang dialami.
    Kalau aku biasanya mencari tempat yang sepi, lalu berteriak sekencang-kencangnya.
    Saat depresi dan mengalami banyak masalah, perasaan kita pastinya terasa penuh sesak kan.
    Keluarkan uneg-uneg yang ada itu dengan berteriak.
    Lumayan berkurang lho kadar depresi yang kita alami.
    Setelah itu, biasanya aku segera berolahraga. Entah itu lari atau bermain basket.
    Depresi yang masih ada bisa segera hilang seiring dengan keringat yang kita keluarkan.:)

    BalasHapus
  49. nama : intan pratiwi
    twitter : @tantalizegirl
    email : imuchlys@yahoo.com
    alamat : punge blangcut, banda aceh

    Hal yang biasa kulakukan ketika aku sedih dan depresi adalah :
    mendengarkan lagu-lagu yang semangat dan ceria, contohnya :
    Mendengarkan lagu dari band mocca yang judulnya happy, liriknya aja udah menyemangati kita yang lagi sedih, ini nih penggalan liriknya
    Life is like bowl of cherries
    Don’t be afraid, just be strong
    When you loose your way, and remember we stand here
    Don’t give up and be happy
    Liriknya itu menurutku menggambarkan semangat untuk kita agar tidak menyerah menghadapi masalah, bagaimanapun masalahnya percaya dech, bawa aja dengan perasaan gembira, masalahmu juga akan sedikit ringan dan semua stress yang ada akan menghilang dengan sendirinya… selamat mencoba ! hehehe
    Mendengarkan lagunya Gita Gutawa ft Delon yang judulnya your love, ketika depresi ataupun stress kan biasanya kita akan merasa bahwa hidup kita itu sendiri, tak ada yang bisa membantu kita, nah lagu ini cocok sekali untuk kita kita yang kehilangan harapan, penggalan liriknya :
    When im down
    And the things go wrong
    The world against me too
    I close my eyes and think of you
    And wish that u would say now
    Inti lagunya sich, seberapa berat cobaan dan masalah yang menghadang kita, tenanglah kita gak sendirian, masih ada Tuhan yang selalu membantu kita, don’t give up friend
    Dan yang terakhir yang sering banget kudengerin kalo lagi stress sich lagunya igo idol yang judulnya kemenangan cinta, lagu ini betul-betul indah banget, kita emang harus selalu kuat menahan terpaan badai, karena kan ‘ badai pasti berlalu ‘ jangan hilangkan mimpi dan harapanmu, hingga suatu saat kamu ada di titik kesuksesan yang mungkin saja melebihi harapanmu, siapa tau kan ?
    3 lagu itu yang paling sering aku dengerin ketika frustasi, kan ada kalanya kita sebagai insan manusia merasakan yang namanya menyerah pada suatu masalah dan ingin merenung sendirian, tapi jangan kelamaan stressnya, pokoknya mari kita bernyanyi, menghibur hati, dengan lagu-lagu yang penuh semangat
    Be cheer up friend !!

    BalasHapus

Jangan lupa komentarnya ya :))
Tapi berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan santun ;))