Looking for something ?

Kamis, 10 Juli 2014

REVIEW New Moon (Twilight #2)


Judul: Dua Cinta ( New Moon )
Pengarang: Stephenie Meyer
Alih bahasa: Monica Dwi Chresnayani
Editor: Rosi L. Simamora      
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan keenam belas: Desember 2009
Tebal: 600 hlm
ISBN: 978-979-22-3830-3
Beli di Toko Buku Bekas, Menganti harga Rp. 29.000
Harga: Rp. 59.500 (Bukabuku)
My rating for this novel: * * * 3 stars

Sinopsis:

Dua laki-laki. Dua cinta. Dua pilihan.
Apa yang akan dilakukan Bella jika ia dihadapkan pada dua pilihan? Ketika cinta yang disodorkan padanya sama-sama dalam... dan terlarang? Yang satu napasnya. Yang satu mataharinya. Mungkinkah ia memilih keduanya? Atau belajar mencintai dari awal lagi? Tak mungkin seorang perempuan memiliki dua pasangan jiwa. Ya kan? Karena itu ia harus memilih satu, atau membiarkan takdir memilihkan untuknya...
Jacob Black muncul dalam hidup Bella yang berantakan dan menawarkan sebentuk cinta yang lain. Ia membuat Bella tertawa dan mengenal segala sesuatu tentang Bella tanpa Bella perlu mngatakannya, meskipun jauh di dalam hati ia tahu, dan mengerti, Bella masih teramat mencintai Edward.
Lalu tiba-tiba Jacob menghilang dari kehidupan Bella. Dan kali ini Bella tak akan tinggal diam. Dan kali ini Bella tak akan tinggal diam. Tidak kali ini, ketika kebahagiaan nyaris jadi miliknya lagi.




Review:
" Semakin kau mencintai seseorang, semakin pikiranmu menjadi tidak rasional." ( hlm 362) 
" Perubahan akan datang. Aku bisa merasakannya. Bukan proyek menyenangkan, tidak bila hidup saat ini sudah begitu sempurna." ( hlm 76 )
" Sulit rasanya menahan perasaan tetap tenang, agar tidak ketahuan."  ( hlm 212 )

Bella Swan berulang tahun yang ke 18, yang berarti ia setahun lebih tua dari Edward. Ulang tahunnya dirayakan di rumah keluarga Cullen. Tetapi pada saat penyerahan kado, jari Bella teriris kertas kado yang akibatnya jari Bella mengeluarkan setetes darah yang mengundang rasa lapar Jasper terhadap darah manusia ( Jasper masih belum terbiasa dalam diet darah ). Edward menghalangi Jasper dari Bella, sehingga membuat Bella menabrak meja dengan keras yang membuatnya terluka, karena serpihan kaca yang tajam. Itu membuat Jasper bertambah kalap yang akhirnya dapat dihentikan. Semua kecuali Edward dan Carlisle ( ayah Edward ) tidak dapat menolong Bella disebabkan oleh darah Bella yang dapat membuat setiap vampir tak dapat menahan dahaga mereka. Carlisle mengobati Bella, karena sudah terlatih terhadap bau darah. 
Keesokan harinya, Edward mengatakan bahwa ia akan meninggalkan Bella bersama keluarganya. Itu dilakukannya demi keselamatan Bella sendiri. Setelah berpisah selama berbulan-bulan, perlakuan Bella menjadi tidak rasional. Setiap malam selalu bermimpi buruk dan menjerit-jerit. Teman-temannya mulai menghindarinya, karena telah menganggapnya gila. 5 bulan sejak kepergian Edward beserta keluarga Cullen Bela mulai berpikir jernih. Ia mendatangi Jacob Black di La Push. Tujuannya adalah untuk mengurangi kesedihannya terhadap Edward dan menghindari mimpi buruk yang selalu dihadapinya. Ia mulai menghabiskan waktunya bersama sahabatnya itu.

" Waktu mulai berjalan jauh lebih cepat dibanding sebelumnya."( hlm 218 )
" Tentu saja, aku tidak bisa sepenuhnya menipu diri sendiri." ( hlm 218 ) 
" Sebagian orang sulit menerima penolakan." ( hlm 223 )

Selama Bella bersama Jacob, ia merasakan sesuatu yang aneh pada dirinya. Bella selalu ingin berbuat sesuatu yang berbahaya dan nekad. Seperti mengendarai sepeda motor yang sudah usang tapi sudah diperbaiki Jacob yang membuatnya celaka, padahal mengendarai sepeda motor adalah hal yang dilarang oleh ayahnya, karena ada pengendara sepeda motor yang mengalami kecelakaan sehingga meninggal. Justru hal yang paling aneh adalah pada suatu malam saat ia dan Jessica sedang jalan-jalan, Bella mendengar suara Edward yang sehalus beledu yang memerintahnya agar tidak melakukan hal-hal yang ceroboh dan membahayakan jiwanya. 
Dan tanpa alasan apapun Jacob tiba-tiba tidak ingin bergaul dengan Bella. Lubang yang sudah lama berada didalam diri Bella mulai menganga lebar, karena setelah ditinggal Edward kali ini ia ditinggal sahabatnya Jacob.
" Terkadang kegigihan membuahkan hasil." ( hlm 223 )
          " Cinta memberi orang kekuatan untuk menghancurkanmu." ( hlm 236 )
" Pernahkah kau punya rahasia yang tidak bisa kauceritakan pada siapa-siapa?" (hlm 302)
Berhari-hari tanpa Jacob membuat Bella tak dapat menahan kesabarannya, ia pergi kerumah Jacob untuk mengetahui keadaan sahabatnya. Ternyata, Jacob sudah berubah. Tubuh Jacob membesar tidak sesuai umurnya yang masih 16 tahun dan suhu tubuhnya yang tidak normal 42-43 derajat melebihi suhu tubuh manusia normal ( justru dngan suhu tubuh tersebut manusia normal tidak akan bertahan ). Jawabannya adalah ia berubah menjadi werewolf ( manusia serigala ). Bella menjadi bergidik melihat sahabatnya yang sudah menjadi mahluk mitos. Suatu hari Bella dan Jacob rencananya ingin lompat tebing. Namun Jacob sedang ada urusan walaupun katanya ia akan menemui Bella. Akhirnya Bella pergi lompat tebing sendirian. Sebelum melakukannya, tiba-tiba suara Edward terdengar lagi menyarankannya agar tidak melompat. Bella tidak mengikuti perintahnya, ia melompat dari tebing tersbut lalu tercebur ke air yang dingin.
" Terkadang loyalitas menghalangimu melakukan hal yang kauinginkan. Terkadang kau tidak bisa menceritakan rahasia itu karena tidak berhak menceritakannya." ( hlm 302 )
" Saat kau menyayangi seseorang, mustahil bersikap logis mengenai mereka." ( hlm 324 )
          " Cinta itu tak masuk akal." ( hlm 362 )

Karena ombaknya yang besar dan air lautnya yang dingin, Bella tenggelam. Beberapa menit kemudian, ada seseorang yang menyeretnya ke pantai yang ternyata Jacob. Jacob membawa Bella pulang. Anehnya Jacob tidak merasa aman di rumah Bella, yang ternyata ada salah satu vampir keluarga Cullen berkunjung. Bella memasuki rumahnya, terkejut karena Alice sudah ada dihadapannya. Alice hanya memastikan jika Bella masih hidup, karena ia melihat Bella terjun dari tebing yang sebenarnya hanya tindakan iseng Bella saja. Alice menginap di rumah Bella sehari. Esoknya, Alice mempunyai penglihatan bahwa Edward pergi ke Voltera, Italia untuk menemui keluarga vampir terbesar, keluarga Volturi. Tujuannya Ia ingin bunuh diri menyusul Bella yang kata Rosalie sudah meninggal. Bella meninggalkan catatan pada ayahnya Charlie, setelah itu Ia dan Alice bergegas menuju bandara. Sesampainya di Voltera, Alice memberi Bella petunjuk menuju tempat Edward berada. 
Bagaimana selanjutnya? Baca aja sendiri!!
" Hidup memang rumit." ( hlm 364 )
Kebahagiaan. Itu membuat kematian jadi bisa dihadapi dengan lapang dada." ( hlm 384)
 "Kesempatan memang berharga mahal." ( hlm 500 )
Novel ini bergenre unik. Cinta antara vampir dan manusia. Tetapi hampir mirip cerita Romeo dan Juliet. Jika Juliet meninggal maka Romeo akan menyusul yang akhirnya menjadi kisah cinta yang tragis. Jika Bella meninggal, Edward akan menyusul menghadap ke keluarga Volturi. Walaupun begitu, disini tidak berakhir tragis. Kalau dibandingkan dengan Romeo dan Juliet, Bella adalah Juliet, Edward adalah Romeo, dan Jacob adalah Paris, tunangan Juliet, walaupun disini rotidak terlihat, tetapi terlihat di novel selanjutnya Eclipse ( sudah kureview ). Overall, bagus ceritanya. Sayang, karakter Bella terlalu menjengkelkan. Terlalu nekad hanya untuk mendengar suara dari mantan kekasih vampirnya yang sudah lama meninggalkannya. Bella juga tambah membangkang pada Charlie hanya karena ingin bersama Edward. Okey.. Edward juga bukanlah pria impian semua gadis, karena ia terlalu cepat putus asa. Kalau para gadis suka pria berotot seperti Jacob, well Jacoblah orangnya. Walaupun dia seorang werewolf yang berbau busuk bagi umat vampir. Kelebihan dari novel ini ialah dapat membuat para pembacanya terbawa suasana di setiap bab yang diceritakan. Kekurangannya, tulisannya tante Meyer ada yang kurang dimengerti dan ada yang terlalu bertele-tele. Alright selesai sudah ocehanku. Buku ini cocok bagi penggemar Twilight Saga..  
REMEMBER!! NOT FOR KIDS, BUT FOR YOUNG ADULT LIKE 13 YEARS OR UP!!!

Film Adaptasi


Judul: The Twilight Saga: New Moon
Sutradara: Chris Weitz 
Pemain: Kristen Stewart, Robert Pattinson, Taylor Lautner
Durasi: 2 jam 10 menit
Tanggal rilis: 20 November 2009
Rating: PG-13 ( adanya adegan romantis, dan unsur kekerasan)
My rating for this movie: * * * 3 stars

The trailer


Review:

Well, the film is to boring for me. Because I'm so bored with Kristen Stewart's acting and no expressions on her face. Not so talented like when she's in Zathura. At least she's fit with her role. Robert Pattinson really fit being Edward, especially his handsome and pale face. Good to be a handsome vampire. His voice is soft like my imaginary Edward. Taylor Lautner is SOOO fit to be a buff Jacob. What a big muscle he have, and his six pack body... OMG . So perfect to be Jacob. I love the volturi scene, made me some goosebumps. But the whole movie, almost made me asleep. That's it, I'm off. Byee..... :)

<3 xoxo
Putri

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa komentarnya ya :))
Tapi berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan santun ;))