Looking for something ?

Kamis, 26 Juni 2014

REVIEW Eclipse (Twilight #3)

Judul: Gerhana ( Eclipse )
Pengarang: Stephenie Meyer
Alih Bahasa: Monica Dwi Chresnayani
Editor: Rosi L. Simamora                                 
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan kelima belas: Juni 2010
Tebal: 688 hlm
ISBN: 978-979-22-5852-3
Beli bekas di Olx.co.id harga Rp. 50.000 (sekalian sama Breaking Dawn)
Harga: Rp. 63.750 (Bukabuku)
My rating for this novel: * * * 3 stars

Review:

"Hidup menyimpan rahasia dan selalu membohongi orang rasanya sedikit menyusahkan." ( hlm 251 )

Kota Seattle sedang dilanda pembantaian yg tiada habisnya. Para vampir Cullen menjadi curiga bahwa yg melakukan pembantaian tersebut adalah segolongan mereka. Victoria yg memiliki dendam kepada Bella itu mulai membangun sebuah pasukan vampir kelahiran baru yg masih haus darah.
Bella gadis yg berpacaran dengan vampir Edward Cullen akan berulangtahun yg ke-19. Tetapi dia ingin diubah menjadi vampir setelah hari kelulusan, karena dia tidak ingin menjadi lebih tua dari Edward. 



" Cowok manapun di dunia ini pasti rela menukar jiwa mereka untuk mendapatkan wajah setampan itu. Tentu saja, bisa jadi memang itulah harga yang harus dibayar: jiwa manusia." ( hlm 30 )

Bella masih kebingungan terhadap hubungannya dengan Jacob yg memburuk, karena Bella masih lebih memilih Edward yg telah meninggalkannya selama 6 bulan ( di novel new moon ). Ia berusaha menelponnya tetapi Jacob tidak memberinya kesempatan untuk berbicara. Untuk bertemu dengan Jacob saja lebih sulit lagi, karena Edward tidak mengizinkannya untuk menemui werewolf ( manusia serigala ), sebab terlalu berbahaya. Suatu hari Bella diam-diam menemui Jacob, sehingga membuat Edward marah walau akhirnya Edward mengizinkannya jika Bella minta izin kepadanya terlebih dahulu. 
Saat di La Push, bella mengatakan pada Jacob, bahwa ia akan segera menjadi vampir setelah hari kelulusan. Jacob marah sehingga membuatnya mengatakan bahwa Bella lebih baik mati daripada menjadi golongan mereka ( vampir Cullen ). Perkataan itu menyinggung perasaan Bella, karena sudah kelewat batas. Walaupun begitu, Bella tetap memaafkan Jacob.

" Caranya mengawasimu sangat protektif. Seolah-olah dia rela menghadang peluru untuk menyelamatkanmu atau semacamnya." ( hlm 127 )

Setelah acara kelulusan, Alice mengadakan sebuah pesta untuk merayakannya di rumah keluarga Cullen. Ia mengundang semua teman-temannya, termasuk teman-teman Bella. Saat sedang berpesta, tiba-tiba Alice mendapat sebuah penglihatan. Pasukan vampir kelahiran baru yg melakukan pembantaian di Seattle akan memburu seluruh keluarga Cullen. Tetapi target mereka yg utama adalah Bella yg memiliki darah yg dapat membuat seluruh vampir haus darah. Akhirnya, Victoria dan para pasukan vampir telah dihabisi oleh para vampir Cullen dengan dibantu oleh para werewolf. Bella menyatakan perasaannya kepada Jacob, walaupun Jacob telah mengetahuinya. Setelah pembicaraan yg mendalam tersebut, mereka masih tidak dapat bersatu, tetapi mereka tetap ditakdirkan sebagai sahabat saja. Yang akhirnya disetujui oleh keduanya. 
Edward dan Bella telah menetapkan acara pernikahan mereka.

Disini kata-katanya agak terlalu WOW atau bertele-tele.Tapi, dilihat-lihat juga ngena di hati sih :))

1.) Alam berjalan apa adanya--pemburu dan mangsa, putaran hidup dan mati yang tak pernah berakhir. (hlm 127)
2.) Kau tidak bisa memaksakan apa yg tidak kaumiliki. (hlm 263)
3.) Memaafkan itu perintah tuhan (hlm 221)
4.) Waktu terus berjalan terlalu cepat ( hlm 307)
5.) Benci adalah emosi yang menggelora (hlm 390 )
6.) Kau sudah memiliki segalanya. Masa depanmu terbentang luas di hadapanmu--semua yang kau inginkan.Tapi kau malah ingin membuangnya begitu saja. Tidak tahukah kau, aku rela menukar segalanya asal bisa menjadi dirimu? Kau punya pilihan, sementara aku tidak, tapi kau mengambil pilihan yang salah!(hlm 189)

Ini novel twilight pertama, yg kubaca. Novel ini bukan bacaan anak kecil loh ya. Ya buat remaja berusia 13 tahun ke atas pokoknya. Karena banyak kata-kata yg sedikit janggal untuk anak kecil. 

Film Adaptasi
Judul: The Twilight Saga: Eclipse
Sutradara: David Slade 
Pemain: Kristen Stewart, Robert Pattinson, Taylor Lautner
Durasi: 2 jam 4 menit
Tanggal rilis: 30 Juni 2010
Rating: PG-13 ( Adanya adegan romantis, dan unsur kekerasan)
My rating for this movie: * * * 3 stars
The trailer:
  
Review:

Filmnya menurutku not bad really. TAPI, adegan yg lebih bagus menurutku itu adegan waktu pertempuran vampir itu. Lebih greget dibanding novelnya. Bagian yang paling nggak kusuka dari film ini adalah aktor yg memerankan Bella. Ya, Kristen Stewart.
Aktingnya terlalu kaku, kalau adegan nangis aja nggak ada emosinya sama sekali. Sumpah nggak enak ngelihatnya. Yang penting akting yg lainnya cukup bagus lah. Kalau Robert ya, biasa kalem. Tapi aku lebih suka waktu dia tempur sama si kriwil brerambut merah, Victoria. Taylor, hmmm menurutku cukup memerankan Jacob yang bodynya ampun-ampun X)
Udah ah itu aja. Bye.. :)

<3 xoxo
Putri

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa komentarnya ya :))
Tapi berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan santun ;))