Looking for something ?

Minggu, 29 Maret 2015

REVIEW If I Stay (If I Stay #1)

Judul: Jika Aku Tetap Disini (If I Stay)
Penulis: Gayle Forman
Alih bahasa: Poppy D. Chusfani
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan ketujuh: September 2014
Tebal: 200 hlm
ISBN: 978-979-22-6660-3
Harga: Rp.43.000 (bukabuku)

Sinopsis:
Goodreads








Review:
" Kadang-kadang kau membuat pilihan dalam hidupmu dan kadang-kadang pilihanlah yang memilihmu." (hlm 161)
Itulah yang dialami oleh Mia Hall. Seorang gadis remaja berusia 17 tahun tersebut harus menghadapi suatu cobaan yang tak pernah ia duga. Mia beserta keluarganya, Mom, Dad, dan adiknya yang berumur 7 tahun Teddy mengalami kecelakaan mobil.saat mereka sedang ingin mengunjungi teman dekat orang tuanya Henry dan Willow beserta anak bayi mereka. Mobil mereka tertabrak oleh truk pikap empat ton berkecepatan hampir seratus kilometer per jam yang mengakibatkan semua anggota keluarga di dalam mobil terlempar keluar sementara keadaan mobil tersebut hancur berantakan. Mom dan Dad tewas seketika dengan kondisi yang mengenaskan. Keberadaan Teddy tidak diketahui. Dan Mia sendiri mengalami pendarahan dalam; paru-parunya bocor, limpanya robek, beserta memar di otaknya. Mia melihat sekilingnya pemandangan paling menyeramkan yang pernah ia saksikan, begitu melihat tubuhnya yang mengerikan dan tersadar... jiwa Mia keluar dari tubuhnya.
" Kau tidak bisa selalu mendapatkan yang kau inginkan." (hlm 98)
Mia tak yakin apakah ia masih hidup atau telah meninggal, tetapi saat paramedis telah datang dan memeriksa tubuhnya, ia masih hidup. Tak dapat disangka, hidup Mia yang awalnya selalu penuh kebahagiaan akan berakhir seperti itu. Ia telah menjadi yatim piatu, walaupun masih ada keluarga dan orang-orang terdekat yang menyayanginya dan begitu sebaliknya. Gramps dan Gran, Henry dan Willow, sahabatnya Kim dan juga kekasihnya Adam Wilde musisi band punk-rock Shooting Star yang sedang mencapai ketenarannya.
" Bagaimana aku bisa memutuskan? Bagaimana mungkin aku hidup tanpa Mom dan Dad? Bagaimana aku bisa pergi tanpa Teddy? Atau Adam? Ini membingungkan. Aku bahkan tidak mengerti bagaimana prosesnya, mengapa aku ada di sini dalam keadaan begini atau bagaimana keluar dari situasi ini jika aku mau." (hlm 76)
Namun, ia tak bisa memutuskan pilihan yang akan dipilihnya. Apakah dia memilih untuk tinggal dan tetap berkumpul bersama orang-orang yang ia sayangi yang masih hidup? Atau akankah Mia memilih bergabung bersama orang tuanya untuk meninggalkan mereka terutama Adam? Semua itu adalah pilihannya dan ia harus menentukan salah satu...
" Apakah aku tinggal. Apakah aku hidup. Itu tergantung pada diriku." (hlm 76)
Novel bersudut pandang Mia ini memiliki alur maju- mundur. Alur mundur menjelaskan momen-momen Mia bersama Adam dengan keluarganya yang terkadang menyenangkan dan juga penuh konflik. Dan secara tiba-tiba Mia harus kehilangan keluarganya. Novel ini cukup emosional dan membuatku membayangkan bagaimana rasanya menjadi Mia. Walaupun cuma beberapa adegan saja yang membuatku tersentuh *bahkan hampir nangis :'(( Gaya penulisannya sangat detail juga mudah dipahami. Sekaligus membuatku terbawa suasana T_T

Tokoh yang paling kusukai disini adalah Adam, Kim, dan Gramps. Mereka sama-sama tokoh yang paling bikin lumer di hati. Adam karena sifat ramahnya, Kim yang selalu setia pada Mia, dan Gramps saat berbincang dengan Mia yang sedang koma.

Ada rasa ketidaknyamanan yang aku rasakan saat membaca novel ini, yakni di bagian gaya penerjemahannya. Terjemahannya agak monoton/ kaku jadi agak nggak sreg waktu membaca. Kalau soal alur, menurutku agak membingungkan karena alur majunya selalu bergantian dengan alur mundur. Walaupun alurnya sudah sesuai dengan porsinya masing-masing.

Ini adalah novel pertama dari dwilogi If I Stay. Novel keduanya berjudul, Where She Went *and unfortunately i still didn't have it :(

 

(kiri) cover lama (kanan) cover baru
kalau aku lebih suka cover lama. kalau kalian?? ^_^

Dan, novel ini aku kasih bintang.... 

4 out of 5 stars
For ADAM WILDE!!! (you're my next book boyfriend >.<)

Paling enak baca sambil dengarin lagu Say Something-nya Christina Aguilera feat A Great Big World



Buku ini telah difilmkan dan dibintangi oleh Chloe Grace Moretz sebagai Mia Hall dan Jamie Blackley sebagai my dreamy Adam Wilde*wkwkwk


Movie Adaptation Review COMING SOON!!
^_^

Trailer filmnya:


<3 xoxo
Putri

3 komentar:

  1. entah kenapa suka skeptis sama buku-buku yang di angkat ke film (padahal itu artinya bagus kan ya?). Tapi, baca ini jadi penasaran sama bukunya. Great review (y)

    BalasHapus
  2. Hahahaha untung aku baca versi bhs inggrisnya. Jadi bener2 masuk ke ceritanya deh. Nggak terganggu apapun. Waktu itu seharian di kamar baca langsung sampai Where She Went. Sudah nonton filmnya nggak? Aku nggak suka banget meski aku suka Chloe. Emosi yg didapet beda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah baca versi inggris yah.. wah jadi penasaran *tapi masih belum mampu baca hehe :p
      Aku masih belum nonton filmnya, belum sempat. Coba nanti kutonton..

      Hapus

Jangan lupa komentarnya ya :))
Tapi berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan santun ;))