Looking for something ?

Minggu, 03 Januari 2016

REVIEW Halaman Hijau




Judul: Halaman Hijau
Penulis: Drs. H. Artomo apt. MBA
Penerbit: Agromedia Pustaka
Tebal: 98 hlm
Cetakan Pertama, 2015
ISBN: 979-006-551-5
Harga: Rp. 39.900 (bukabuku)












Review:


“ Ketidakmungkinan adalah tantangan yang harus ditaklukkan.” (hlm 11)
I’m back people!! Sudah lama nggak aktif me-review karena lagi banyak kesibukan, maklum saya sudah kelas XI bersiap-siap mengikuti UN. Minta maaf yang sebesar-besarnya ya ^_^

Oke, sudah, nggak banyak curhat karena waktu saya yang sudah mepet ini sebelum kembali berperang saya mau meluangkan waktu untuk me-review buku non-fiksi bertema lingkungan persembahan Penerbit Agromedia. Terimakasih telah memberi kesempatan untuk saya me-review buku ini.

Kembali ke topik utama. Pernah dengar tentang “sampah”, anyone? Yang baunya bikin nggak tahan itu kan? Ya, that’s correct! Tetapi sampah tidak melulu berarti “sampah”. Banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari sampah jika kita mau peduli dan bersedia mengolahnya. Begitulah isi dari buku ini.

Bukan hanya menjadikan lingkungan lebih bersih dan subur, sampah yang dikelola dengan baik juga bisa menghasilkan rupiah. Buku ini berisi tentang pengalaman penulis yang telah puluhan tahun mengelola sampah dengan cara-cara yang solutif dan bijak, dari mengolah sampah organik dan anorganik, manfaat lubang biopori, sampai teknis berkebun sayur organik dengan memanfaatkan pupuk dari sampah.


Diawali dengan bab Pola Perilaku, Pola Pikir-Mindset dan Sikap Mental Masyarakat, dan Kondisi Lingkungan Kita yang menjabarkan akan cara untuk mengubah pola pikir kita akan sampah bahwa sampah tidak sepenuhnya tidak berguna juga supaya kita sadar terhadap kerusakan lingkungan yang bukan lain adalah karena perbuatan kita

Kemudian adanya Akademi Kompos yang didirikan oleh penulisnya sendiri yakni Drs. H. Artomo apt. MBA . Sesuai dengan namanya, kegiatannya yang tidak hanya berkisar tentang pengelolaan sampah saja, tetapi program ini juga merambah ke fasilitas pendidikan dan pelatihan untuk pelestarian lingkungan, beserta sarana pendukung seperti pengelolaan sampah, baik organik (komposting), anorganik (Bank Daur Ulang Sampah), maupun pembuatan kebun organik (sayuran dan tanaman obat) yang berada dalam naungan satu atap, berlokasi di Komplek Bumi Pesanggrahan Mas (BPM), RW 08-Petukangan Selatan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Tak hanya itu saja. Buku ini juga dijelaskan langkah-langkah untuk membuat lubang biopori, cara untuk mendirikan kebun organik, kompos dan banyak lagi.

Buku ini saya jamin sangat bermanfaat terutama bagi teman-teman yang ingin berpatisipasi untuk melestarikan bumi tercinta kita ini untuk membuatnya tetap hijau dan asri. Terutama saat ini bumi kita yang terancam Global Warming yang merupakan sebuah peringatan untuk kita segera menyelamatkannya dengan mengurangi penggunaan benda-benda kimiawi yang jelas berbahaya begitu juga kegiatan lain yang membahayakan bumi.

Maka dari itu saya perolehi rating...

4 out of 5 stars

Demikian review saya akan buku ini. Semoga bermanfaat... ^_^


<3 xoxo
Putri


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa komentarnya ya :))
Tapi berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan santun ;))