Looking for something ?

Jumat, 05 September 2014

REVIEW Breaking Dawn (Twilight #4)


Judul: Awal yang Baru (Breaking Dawn)
Pengarang: Stephenie Meyer
Alih Bahasa: Monica Dwi Chresnayani
Editor: Rosi L. Simamora
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Terbit: November 2011 (cetakan keempat)
Tebal: 864 hlm
ISBN: 978-979-22-7713-5
Beli bekas di Olx.co.id harga Rp. 50.000 (sekalian sama Eclipse)
Harga: Rp. 89.250 (Bukabuku)
My rating for this novel: * * * 3 stars

Sinopsis:
Bila kau mencintai orang yang akan membunuhmu, kau tak punya pilihan. Bila nyawamu satu-satunya yang harus kauberikan untuk orang yang kaucintai, bagaimana mungkin kau tidak memberikannya?




Review:
 “ Perhatian adalah bagian yang tak bisa dihindari dalam hidup.” (hlm 45)

Kini Bella Swan telah menikahi Edward Cullen, vampir tampan berumur 109 tahun yang Ia cintai. Mereka berbulan madu di pulau Esme yang terletak di Brazil yang merupakan hadiah dari ayah Edward, Carlisle Cullen. Selama di pulau Esme, pasangan ini menikmati hidup mereka sebagai pasangan suami istri.

 “ Yang sudah berlalu sudah berlalu dan aku tidak bisa melakukan apa-apa untuk mengubahnya.” (hlm 118)

Beberapa minggu kemudian, Bella merasakan sesuatu yang aneh di perutnya. Ya, dia hamil. Dia menghamili anak Edward. Tetapi, justru janin di perut Bella sangat berbahaya untuk Bella, yaitu manusia setengah vampir. Janin itu membuat kondisi fisik Bella memburuk dengan menghisap nutrisi yang ada di dalam tubuh Bella dan pertumbuhannya sangat cepat. Hasilnya Bella semakin kurus dan tidak berdaya. Adakala kemungkinan bahwa Bella takkan bertahan setelah melahirkannya. Kemungkinan itu akhirnya terjadi. Janin itu mengoyak Bella dengan sangat keras, sampai Bella pingsan berkali-kali. Berselang lama kemudian, Bella melahirkan anaknya dengan selamat dan diberi nama Renesmee, yang sebelumnya telah direncanakan oleh Bella jikalau anaknya perempuan dan Edward Jacob (EJ) kalau anaknya laki-laki. Sayangnya, jantung Bella berhenti seketika. Secepatnya Edward menyuntikkan racun vampir di jantung Bella. Setelah itu yang harus dilakukan adalah menunggu reaksi racunnya bekerja pada tubuh bella
“ Setiap kesakitan memiliki jawaban sederhana, aksi nyata yang bisa menghentikan kesakitan itu.” (hlm 195)
“ Tak perlu ada rahasia bila kau menemukan belahan jiwamu.” (hlm 178)
Setelah 3 hari tertidur, akhirnya Bella membuka matanya yang telah berubah dari warna cokelat ke warna merah darah. Bella telah menjelma menjadi sosok vampir kelahiran baru yang cantik dan kuat. Anaknya, Renesmee telah bertumbuh dengan cepat dan ternyata Jacob meng-imprint Renesmee.
Mau tahu selanjutnya? Baca sendiri aja.... atau lihat filmnya langsung kalau bagi yang malas baca tebel-tebel.
“ Kenyataan adalah mengetahui ada sesuatu yang jauh lebih penting daripada semua siksaan ini, tapi tak bisa ingat apa itu” (hlm 430)
“ Aku hanya manusia biasa, dengan kekuatan tak lebih dari kekuatan manusia.” (hlm 433) 
“ Keberatan utama adalah masalah “sendirian” itu.” (hlm 611)
Breaking Dawn adalah buku keempat sekaligus penutup serial Twilight Saga karangan Stephenie Meyer yang fenomenal. Dan kebanyakan fansnya adalah segerombolan remaja atau disebut Twihard, termasuk salah seorang sahabatku namanya Diana. Dia terobsesi banget sama Twilight. Sejujurnya, aku lebih ngefans serial Harry Potter dibanding kisah roman vampir ini. Bukannya aku benci serial Twilight Saga. Tapi aku antara suka dan tidak suka. Aku suka ceritanya yang unik dan sekaligus aneh. Dan tidak sukanya adalah hubungan cinta antara Edward dan Bella yang terlalu berlebihan dan kalimat-kalimatnya yang super lebay bingiit. Semuanya sangat berlogat puisi dan cenderung tidak mudah dimengerti. Dan karakter Bella yang menyebalkannya amit-amit. Dia tokoh yang sangat sensitif dan hanya menginginkan Edward daripada hidupnya sendiri.

“ Tak ada yang mustahil.” (hlm 752)
“ Tak ada gunanya menuduh yang bukan-bukan.” (hlm 806)
“ Jangan ada lagi kebohongan-kebohongan untuk membenarkan tujuan kalian. Jujurlah mengungkapkan tujuan kalian, seperti kami juga jujur mengungkapkan tujuan tujuan kami.” (hlm 823)
 Ada beberapa quotes dari penulis terkenal:
“ Namun, sejujurnya, akal sehat dan cinta nyaris tak berjalan seiring sekarang ini.”   ~ William Shakespeare, A Midsummer Night’s dream, Act III, Scene i (hlm 171)
“ Afeksi personal adalah kemewahan yang hanya dapat kaumiliki setelah semua musuhmu dilenyapkan. Sebelumnya, setiap orang yang kausayangi merupakan sandera, melunturkan keberanianmu dan merusak penilaianmu.” ~ Orson Scott Card, Empire (hlm 425) 
Ternyata tante Steph penggemar berat William Shakespeare sama Orson Scott Card penulisnya buku Ender's Game. Oya, novel ini seharusnya nggak tebal halamannya, kalau penulisnya nggak manjangin kalimatnya dan juga diisi dengan beberapa dialog yang nggak perlu seperti percakapan Edward dan bella yang terlalu arrgghh. Sebel dech..
Butuh waktu 1 bulan untuk menyelesaikan novel ini. Buku tertebal yg pernah kubaca..
Perhatian!!!   INI BUKAN BACAAN ANAK-ANAK!!

Film Adaptasi

Judul: The Twilight Saga: Breaking Dawn Part 1
Sutradara: Bill Condon
Pemain: Kristen Stewart, Robert Pattinson, Taylor Lautner
Durasi: 1 jam 57 menit
Tanggal rilis: 18 November 2011
Rating: PG -13 ( adanya adegan romantis dan unsur kekerasan)
My rating for this movie: * * * 3 stars
Trailer:
video

Judul: The Twilight Saga: Breaking Dawn Part 2
Sutradara: Bill Condon
Pemain: Kristen Stewart, Robert Pattinson, Taylor Lautner
Durasi: 1 jam 55 menit
Tanggal rilis: 16 November 2012
Rating: PG-13 (adanya adegan romantis dan unsur kekerasan)
My rating for this movie: * * * * 4 stars
Trailer:
video

Review:

Untuk para pemain, maaf nggak ada pujian dariku. Akting para pemainnya masih kurang terasah, bahkan ini film terakhir alias penutup dari serial film Twilight Saga. Tetapi, untuk akting si Kristen di bagian kedua. Aktingnya cukup bagus menjadi vampir yang garang dan tangguh. Tidak seperti sebelumnya manusia yang sangat keras kepala dan tidak memikirkan keadaannya sendiri. Di bagian kedua, Kristen betulan akting. Terlihat waktu dia ngamuk-ngamuk ke Jacob gara-gara ngimprint Renesmee. Oke, walaupun gitu film ini tetap bagus bagi para Twihard.
Aku lebih suka bagian yang kedua daripada pertama. Karena di bagian akhir filmnya terdapat sebuah pertempuran antara vampir Cullen yang ditemani oleh werewolf dengan vampir Volturi yang ternyata tidak ada di bukunya.

<3 xoxo
Putri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentarnya ya :))
Tapi berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan santun ;))